Wednesday 27 April 2011

today's subject. :)

hello and goodnight blogger. well, Iwani is here again.. just straight to the point, as wira wanted me to post on his blog, I'm going to share some of the summary of the five love languages book.

tonight, I'm going to post the first love language.. it is words of affirmation. in malay, kata-kata pendukung. first thing first, I'm going to post it in malay-indo language. just to make sure you guys. ;)

ringkasan ;

1. pada suatu malam tertentu besi kesempatan kepada pasangan anda untuk berbagi impian-impiannya, minatnya dan bakat-bakatnya. keluarkan dari dalam dirinya semua rinciannya melalui mendengarkan yani disertai empati. setelah menempatkan diri anda di dalam kedudukan pasangan anda dengan penuh kasih sayang dan ketulusan, bakar lah semangatnya dan tawarkan untuk membantunya mencapai semua sasaran tersebut dengan cara apa pun.

2. keakraban mungkin bisa menciptakan merendahkan atau ketidaksopanan dan bentuk-bentuk lain yang berbeda. periksalah beberapa karakteristik dari hubungan anda di minggu terakhir. apakah nada suara anda keras, sikap anda sarkastis atau sudut pandang anda menghakimi? apakah anda hanya memusatkan pada bagian di mana pasangan anda gagal? carilah solusi untuk masalah-masalah ini dan usahakan untuk meminta maaf.

3. evaluasikan gaya berhubungan and di bidang pola-pola komunikasi. apakah kata-kata anda mencerminkan permohonan, saran dan tuntutan? atau apakah kata-kata itu menjurus ke tuntutan, ultimatum atau bahkan ancaman? ingat bahwa pilihan, kemauan bebas dan pelayanan suka rela adalah aspek-aspek kunci dari kasih sayang. bagaimana anda bisa memperbaiki pendekatan verbal anda terhadap pasangan anda?

4. ada bermacam-macam cara tanpa batas untuk berkomunikasi dengan kata-kata secara ramah, intim dan mendukung bersama pasangan anda. sebagaimana disarankan dalam buku ini, buatlah catatan berjudul "kata-kata pendukung" di dalam mana anda mencatat cara-cara kreatif dan bermutu tinggi untuk mengangkat pasangan anda, bahkan untuk hal-hal yang paling kecil pun. bahan bacaan yang memacu semangat dan menganjurkan bagaimana membantu diri anda sendiri terutama akan sangat berarti dalam usaha ini.

so.. pujian, kata-kata yang membesarkan hati dan permohonan-permohonan dan bukan tuntutan semua mendukung nilai-nilai pasangan anda. kata-kata itu menciptakan keintiman, menyembuhkan luka dan mengeluarkan segenap potensi dari pasangan anda.

to be continue..

next, will post the second language.. if God's willing. night..

p/s ; baby, I sayang you ;)

No comments: